Penyelamat Korban Gua Thailand Sindir Habis Elon Musk

Jakarta - Salah seorang penyelam asal Inggris yang terlibat langsung menolong para korban gua Thailand mengkritik Elon Musk dan kapal selam buatannya. Ia menilai apa yang dilakukan salah satu orang terkaya di dunia itu hanyalah untuk kepentingan publisitas.

Vern Unsworth, sang penyelam, menyatakan kapal selam mini yang dibawa oleh tim Elon Musk ke Thailand tidak akan bisa membantu upaya penyelamatan. Apa sebabnya?

"Kapal selam itu kaku sehingga tidak akan bisa melewati sudut-sudut ataupun halangan lainnya," sebut Vern seperti dikutip detikiNET dari Telegraph, Minggu (15/7/2018).

"Bahkan ia tidak akan mampu melewati 50 meter pertama di dalam gua dari titik awal penyelaman. Hanyalah PR stunnt," ketus Vern.



Vern menyebutkan Musk memang benar-benar datang ke gua. Tapi dia diminta pergi saja karena dianggap tidak banyak membantu.

Tak hanya Vern yang berpendapat demikian. Kepala misi penyelamatan, Narongsak Osotthanakom, mengatakan kapal selam Musk tidak praktis untuk menyelesaikan kasus ini meski menggunakan teknologi canggih.

Elon memang datang sendiri ke Thailand untuk mengantarkan kapal selam tersebut. "Saya harap kapal selam ini akan berguna. Jika tidak, mungkin akan berguna di situasi yang akan datang," tutur pria kelahiran tahun 1971 ini.

Kritikan yang dialaminya membuat Musk merasa kecewa dan menegaskan ia hanya berusaha membantu. "Kami diminta membuat opsi back up dan bekerja keras untuk melakukannya. Sudah berkoordinasi dengan tim penyelam untuk konfirmasi apa pantas dibuat. Sekarang barangnya sudah ada buat siapapun yang butuh di masa depan," tandasnya.


Sumber


Comments

Popular posts from this blog

Curang, Peforma iPhone 6S Sengaja Dilambatkan? Apple Malah Suruh Pengguna Ganti Baterai

Telegram Perkenalkan Passport, Apa Itu?

20 Tahun Perjalanan Yahoo Messenger Sebelum 'Tewas'